Sabtu, 11 Oktober 2014

PSIKOLOGI MANAJEMEN (Tugas Softskill)


Nama  :           Nahlia Dwi Citra Fajrina
NPM   :           15512225
Kelas   :           3PA11
Psikologi Manajemen
1.      Tentukan unsur psikologis apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan Planning, Organizing, Actuating dan Controlling !
Jawab :
a.       Planning          : Tindakan yang harus dikerjakan dengan apa, siapa, kapan, dimana dan bagaimana cara melaksanakan tindakan tersebut.
b.      Organizing      : Penentuan bagaimana penyusunan organisasi dan aktifitas dapat dilakukan.
c.       Actuating        : Proses memotivasi anggota organisasi agar planning dapat dijalankan.
d.      Controlling      : Monitoring dan perbaikan aktifitas yang sedang berjalan agar tujuan dapat tercapai.
Dan unsur psikologisnya dibagi menjadi 3, yaitu :
a.       Unsur Kognitif (Kemampuan berfikir).
Unsur kognitif dapat diuraikan kedalam 3 bentuk perilaku kognitif, yaitu :
1)      Daya tangkap kognitif untuk memahami (baik melalui informasi kalimat, simol ataupun angka).
2)      Daya berfikir yang konseptual (membangun konsep berfikir yang menyeluruh dan sistematis).
3)      Analisa berfikir (menciptakan hasil pemikiran yang tepat untuk selesaikan masalah).
b.      Unsur Sikap Kerja (Kemampuan menanggapi tuntutan pekerjaan).
Unsur sikap kerja bisa dilihat didalam beberapa aspek sikap kerja, yaitu :
1)      Ketahanan terhadap tekanan (daya tahan stress).
2)      Cara kerja yang cepat untuk selesaikan pekerjaan.
3)      Kemampuan untuk mencapai prestasi kerja yang memuaskan.
4)      Ketelitian dalam melakukan pekerjaan.
c.       Unsur Kepribadian (Kemampuan mengelola diri pribadi).
Unsur kepribadian bisa berupa :
1)      Daya penyesuaian diri (adaptasi).
2)      Kemampuan menjalin interaksi dan hubungan ang baik.
3)      Kemapuan untuk bekerja sama.
4)      Kemampuan untuk memimpin.
2.      Tuliskan perilaku apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan Planning, Organizing, Actuating dan Controlling !
Jawab :
Perilaku yang di butuhkan adalah bentuk perilaku yang sudah disesuaikan dengan setiap satuan rumusan manajemen. Misalnya saja untuk bisa membuat perencanaan (planning) maka perilaku yang dibutuhkan adalah perilaku yang bisa mengarahkan proses kognitifnya untuk menangkap arahan dan intruksi kerja, menbuat konsep berfikir yang logis dan juga kognitif yang bisa di libatkan untuk menyelesaikan masalah pekerjannya.
3.      Pelajarilah sistem manajemen yang spesifik dari sebuah perusahaan manufaktur. Buatkan rangkuman sistem manajemennya dalam konsep yang spesifik dan menyeluruh !
Jawab :
Konsep yang spesifik di artikan juga sebagai penerapan manajemen sampai kepada lingkup   kerja yang paling kecil;. Bagian kerja yang ruang lingkup kerjanya kecil didalamnya juga perlu diterapkan  konsep manajemen.
Tujuannya adalah supaya perusahaan mempunyai sistem manajemen yang di terapkan secara komprehensif. Karenanya kinerja yang mampu di peroleh perusahaan adalah hasil kerja yang mampu dihasilkan oleh seluruh unit kerja, tanpa terkecuali (hasil dari sistem yang menyeluruh). 

Sistem manajemen dalam sebuah perusahaan manufaktur.
Menciptakan sistem dan mekanisme kerja yang berlaku, adalah suatu usaha dari perusahaan  untuk membuat alur kerja yang terarah (sistematik) dan membuat aturan-aturan kerja yang membuat proses dari setiap alur kerja yang ada bisa berjalan secara tertib dan tidak tumpang tindih (overlap).
Sistem manajemennya dan proses manufakturnya dengan kosepnya yang spesifik.
Sebuah pabrik obat, melakukan proses :
a.       Perencanaan kebutuhan bahan baku dan jumlah yang di produksi sesuai dengan permintaan pemasaran.
b.      Perhitungan bahan baku yang di butuhkan.
c.       Merencanakan dan mempersiapkan proses produksi.
d.      Melakukan proses produksi serta pengawasan kualitas proses produksi.
e.       Penyelesaian proses produksi yang menghasilkan barang jadi (produk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar