Nama : Nahlia Dwi Citra Fajrina
NPM : 15512225
Kelas : 3PA11
Psikologi
Manajemen
1. Tentukan unsur psikologis apa saja yang
dibutuhkan untuk melakukan Planning, Organizing, Actuating dan Controlling !
Jawab :
a.
Planning : Tindakan yang harus dikerjakan dengan
apa, siapa, kapan, dimana dan bagaimana cara melaksanakan tindakan tersebut.
b.
Organizing : Penentuan bagaimana penyusunan
organisasi dan aktifitas dapat dilakukan.
c.
Actuating : Proses memotivasi anggota organisasi
agar planning dapat dijalankan.
d.
Controlling : Monitoring dan perbaikan aktifitas yang
sedang berjalan agar tujuan dapat tercapai.
Dan unsur psikologisnya dibagi menjadi 3,
yaitu :
a.
Unsur
Kognitif (Kemampuan berfikir).
Unsur
kognitif dapat diuraikan kedalam 3 bentuk perilaku kognitif, yaitu :
1)
Daya tangkap kognitif untuk memahami (baik
melalui informasi kalimat, simol ataupun angka).
2)
Daya berfikir yang konseptual (membangun
konsep berfikir yang menyeluruh dan sistematis).
3)
Analisa berfikir (menciptakan hasil pemikiran
yang tepat untuk selesaikan masalah).
b.
Unsur Sikap Kerja (Kemampuan menanggapi
tuntutan pekerjaan).
Unsur sikap kerja bisa dilihat didalam
beberapa aspek sikap kerja, yaitu :
1)
Ketahanan terhadap tekanan (daya tahan
stress).
2)
Cara kerja yang cepat untuk selesaikan
pekerjaan.
3)
Kemampuan untuk mencapai prestasi kerja yang
memuaskan.
4)
Ketelitian dalam melakukan pekerjaan.
c.
Unsur Kepribadian (Kemampuan mengelola diri
pribadi).
Unsur kepribadian bisa berupa :
1)
Daya penyesuaian diri (adaptasi).
2)
Kemampuan menjalin interaksi dan hubungan ang
baik.
3)
Kemapuan untuk bekerja sama.
4)
Kemampuan untuk memimpin.
2.
Tuliskan perilaku apa saja yang bisa digunakan
untuk melakukan Planning,
Organizing, Actuating dan Controlling !
Jawab :
Perilaku
yang di butuhkan adalah bentuk perilaku yang sudah disesuaikan dengan setiap
satuan rumusan manajemen. Misalnya saja untuk bisa membuat perencanaan
(planning) maka perilaku yang dibutuhkan adalah perilaku yang bisa mengarahkan
proses kognitifnya untuk menangkap arahan dan intruksi kerja, menbuat konsep
berfikir yang logis dan juga kognitif yang bisa di libatkan untuk menyelesaikan
masalah pekerjannya.
3.
Pelajarilah
sistem manajemen yang spesifik dari sebuah perusahaan manufaktur. Buatkan
rangkuman sistem manajemennya dalam konsep yang spesifik dan menyeluruh !
Jawab :
Konsep
yang spesifik di artikan juga sebagai penerapan manajemen sampai kepada lingkup
kerja yang paling kecil;. Bagian kerja yang ruang lingkup kerjanya kecil
didalamnya juga perlu diterapkan konsep manajemen.
Tujuannya
adalah supaya perusahaan mempunyai sistem manajemen yang di terapkan secara
komprehensif. Karenanya kinerja yang mampu di peroleh perusahaan adalah hasil
kerja yang mampu dihasilkan oleh seluruh unit kerja, tanpa terkecuali (hasil
dari sistem yang menyeluruh).
Sistem manajemen dalam sebuah perusahaan manufaktur.
Menciptakan sistem dan mekanisme kerja yang berlaku, adalah suatu usaha dari perusahaan untuk membuat alur kerja yang terarah (sistematik) dan membuat aturan-aturan kerja yang membuat proses dari setiap alur kerja yang ada bisa berjalan secara tertib dan tidak tumpang tindih (overlap).
Sistem manajemen dalam sebuah perusahaan manufaktur.
Menciptakan sistem dan mekanisme kerja yang berlaku, adalah suatu usaha dari perusahaan untuk membuat alur kerja yang terarah (sistematik) dan membuat aturan-aturan kerja yang membuat proses dari setiap alur kerja yang ada bisa berjalan secara tertib dan tidak tumpang tindih (overlap).
Sistem
manajemennya dan proses manufakturnya dengan
kosepnya yang spesifik.
Sebuah
pabrik obat, melakukan proses :
a. Perencanaan
kebutuhan bahan baku dan jumlah yang di produksi sesuai dengan permintaan
pemasaran.
b. Perhitungan
bahan baku yang di butuhkan.
c. Merencanakan
dan mempersiapkan proses produksi.
d. Melakukan
proses produksi serta pengawasan kualitas proses produksi.
e.
Penyelesaian proses produksi yang
menghasilkan barang jadi (produk).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar