Selasa, 29 Januari 2013

MANUSIA DAN PENDERITAAN (Ilmu Budaya Dasar)


Saya akan memposting apa yang saya dapatkan di matakuliah Ilmu Budaya Dasar pada tanggal 12 Januari 2013 tentang MANUSIA DAN PENDERITAAN.

Pengertian penderitaan ialah berasal dari kata derita yang artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan hati dan perasaan. Kata derita itu sendiri berasal dari bahasa sangsekerta yang artinya menahan. Setiap manusia pasti pernah merasakan yang namanya penderitaan rasanya tidak enak dan ingin segera cepat-cepat untuk mengakhiri penderitaannya. Tetapi hakekatnya semua manusia tidak luput dari penderitaan, di situlah manusia mulai di uji kesabarannya oleh Yang Maha Kuasa apakah ia sanggup untuk menghadapinya ataukah tidak.

            Manusia lebih menyukai kenikmatan, sedangkan penderitaan sangat dihindarkan dari kehidupan manusia. Penderitaan dapat berupa penderitaan batin atupun lahir. Jika manusia hanya di berikan kenikmatan terus-menerus dalam hidupnya ia akan lupa dengan Allah tidak ingin berdoa karena ia sudah merasa nikmat hidupnya, tidak ingat bahwa banyak orang-orang yang masih kekurangan hidupnya, tidak mensyukuri kenikmatannya dan orang tersebut menjadi takabur dan sombong . Tetapi dengan diberikannya penderitaan manusia menjadi lebih dekat dengan Allah dan lebih banyak mensyukuri nikmat.

Manusia hidup di dunia ini mempunyai dua sisi yaitu sisi bahagia dan sisi penderitaan. Ada suatu kala manusia merasakan sebuah kebahagiaan. Kehidupan memang tak lengkap jika hanya ada kebahagiaan, karena jika hanya ada sebuah kebahagiaan di dalam sebuah kehidupan maka manusia yang hidup di dunia ini tidak akan pernah bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakannya.Karena disamping terdapatnya kebahagiaan, kita juga dapat merasakan penderitaan. karena hidup tidak selalu di atas , ada kalanya kita akan merasakan dibawah.

Dengan kita merasakan penderitaan, kita akan lebih bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan selama ini.Allah SWT tidak akan memberikan cobaan kepada makhluknya melebihi batas kemampuannya. Maka dari itu setiap cobaan yang diberikan Allah SWT kita dapat melewatinya. Dan disamping cobaan yang diberikan , pasti ada sisi hikmah yang dapat kita ambil.Kalau selama hidup kita hanya merasakan kebahagian semata, hidup kita akan begitu-begitu saja tidak ada warna hidupnya. Penderitaan dapat membuat kita menjadi lebih dewasa dari yang sebelumnya.

Penyiksaan yang dialami oleh orang lain dan kekerasan dalam rumah tangga itu adalah beberapa contoh penderitaan lahir dan batin. Bencana alam dan  kecelakaan yang dialami oleh seseorang itu salah satu contoh penderitaan fisik. kehilangan orang yang penting dalam hidupnya dan kehilangan atau ditinggalkan oleh orang yang dikasihi dan disayangi ialah beberapa contoh dari penderitaan psikis.


Hal positif yang harus diterapkan di kehidupan sehari-hari :
-          lebih mengingat Allah SWT dalam situasi apapun.
-          Lebih bersyukur atas apa yang telah kita dapatan.
-          Jadikanlah penderitaan yang kita dapatkan sebagai cobaan dari Allah SWT agar kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Hal negatif yang dapat di tinggalkan :
-          Mengeluh terus-menerus jika diberikan cobaan
-          Tidak mensyukuri dan lupa kepada Allah bila di berikan kenikmatan


“BANGKITLAH KARENA PENDERITAAN TIDAK AKAN SELALU DATANG SETIAP DETIK”a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar